Thursday, June 28, 2012

Four Seasons Magnets

Tantangan tentang Season
Bulan Juni ini, saya berniat ikut tantangan Juni Indonesian Crafter. Tantangannya adalah berkreasi dengan tema "Season". Karena saya belum pernah merasakan langsung dari negeri empat musim, maka saya mencari2 inspirasi dari google foto. Dan, gambar di bawah ini yang saya dapatkan...
taken from Google Photo
Trus...dibikin apa ya 4 icon itu... ??
idenya saya mau membawa 4 musim itu ke dalam rumah saya :)

dan saya ingat kalo saya punya magnet lembaran yang cukup lama tidak tersentuh. Jadi, saya akan membuat puzzle magnet dengan gambar dari 4 icon tersebut. Tentu saja saya akan memakai kertas majalah bekas yang warna dan gambarnya saya sesuaikan. Misalnya, untuk icon butiran salju memakai lembar kertas bergambar salju.
Dan sepertinya teknik kirigami sangat mungkin dipakai untuk kreasi ini. Hm..skalian saya belajar...
ternyata cukup rumit, jika kertas yang kamu gunakan 2,2cm x 2,2 cm :) Makanya, sebelumnya saya belajar membuat di kertas yang ber ukuran cukup besar. 
Finishing-nya pun saya mencoba menggunakan lem putih yang diberi sdikt air dan diaduk rata. Usapkan pada lapisan tempelan kertas, dan biarkan sampai mengering. Karena tidak sabar, beberapa kali saya mengintip proses mengeringnya :) dan pagi harinya, mereka sudah kering dan menghasilkan permukaan yang mengkilap...

hmm.. jadi penasaran pengen bikin-bikin yang lain neh.. Kamu?? 
Proses Pembuatan

*************************

Kirigami

Kirigami is similar to origami in that it is a form of paper art. The major difference is that in origami, you fold paper whereas in kirigami, you fold and cut paper.
In the United States, the term "kirigami" was coined by Florence Temko. She used the word kirigami in the title of her book, Kirigami, the Creative Art of Papercutting, 1962. The book was so successful that the word kirigami was accepted as the name for the art of paper cutting.
In Japan, the word kirigami had been in use for a long time because "kiru” means to cut, and “gami” means paper. So, kirigami meant to cut paper.

***************************

No comments:

Post a Comment