Sunday, April 21, 2013

Kepang Koran dan Tali dari Kertas Semen

Untuk membuat kepang koran dan tali dari kertas semen, memang lebih pas kalau memakai kertas semen. Saya mencoba membuat dari kertas, tapi memang harus extra hati-hati supaya kertas tidak sobek. Lain halnya menggunakan kertas semen. Cukup dibasahi sedikit, kemudian dengan mudah kita kepang, tanpa harus takut kertas sobek. Selain itu saya suka warna coklatnya.

Kertas Semen

kepang dan tali dari koran
Tips untuk pemakaian kertas semen :
  1. Jika mencari kertas semen, bisa meminta di tetangga/kerabat yang sedang membangun rumah. Kalau beli, sepertinya kertas koran ini sudah mempunyai nilai cukup mahal untuk ukuran barang bekas. 
  2. Bersihkan terlebih dahulu kertas tsb dari sisa-sisa semen. Kalau saya memakai lap basah, dan di lap pada permukaan kertasnya. Kemudian di kering anginkan
  3. Untuk membuat kepang kecil atau tali, potong kertas lebar 1 cm, panjangnya menyesuaikan kertas semen yang ada. 
  4. Untuk mengepang atau membuat tali jika sulit karena kertas kering, basahi sedikit dengan air. Maka kita akan lebih mudah melintingnya. Jika sudah terbentuk kepang/ tali jangan lupa di kering-anginkan. 
  5. silakan mencoba...
    Klik untuk memperbesar
    Gambar atas, cara membuat kepang dari kertas semen

    Untuk membuat talinya, potong memanjang kertas semen, kemudian gulung se arah dengan menggunakan jari. Jika kertas habis, sambung dengan potongan yang sama ukurannya. 
    Untuk menyambung kertas
    *****Update*****

    Akhirnya saya mendapatkan gambar cara mudah membuat tali. Dari sebuah buku jepang tentang kreasi boneka. Karena saya tidak begitu bisa menggambar, boleh lah (ijin ya..) saya foto dan posting di sini...


    Silakan klik untuk memperbesar



No comments:

Post a Comment