Sunday, November 3, 2013

Fabric Flower - No Sew

FF1-1
November ini, sengaja nyiapin beberapa tutorial yang isinya bunga dari kain (FF=Fabric Flower). Dimulai dari yang paling mudah, yaitu membuat bunga kain tanpa di jahit. Saya memiliki bros bunga ini, pemberian seorang teman. Katanya, membuatnya mudah sangat, dan bunganya terlihat cantik. Kemudian saya browsing juga ke youtube untuk mendapatkan tutorialnya.


FF1-2
Pertama-tama, siapkan lem bening yang kuat (saya memakai lem UHU) dan kain berbentuk lingkaran, bisa kain satin, tulle, juga tenun. Siapkan juga mote/manik/kancing untuk hiasannya. Caranya, potong membentuk lingkaran, tidak perlu benar-benar bulat. Ukuran lingkaran bisa dari 8 cm (1-2 bh), 7 cm, 6 cm, sampai pada ukuran yang disukai.
Bahan
Tumpuk-tumpuk potongan kain, dari yang besar ke kecil (atau sesuai selera). Jika sudah pas, beri lem pada tengah-tengah kain, satu persatu.
tumpuk-tumpuk
Jika lem sudah kering, beri atasnya hiasan (mote, manik atau kancing). Dan jadi.... Bisa di buat jadi pin peniti/ pin magnet/ hiasan tas, dll. Silakan berkreasi sdiri...

Bahan 2
Saya juga mencoba membuat bunga dari bahan sifon, satin dan brokat. Potongannya tidak membentuk lingkaran, tetapi melengkung-lengkung seperti bunga (gambar di atas). Setelah di potong, saya mendekatkan ujung-ujungnya dengan api lilin satu-persatu. Kemudian di tumpuk-tumpuk untuk memastikan posisinya, kemudian di lem dan diberi hiasan. 
Bakar tepiannya
Tips dari teman :

  • Mendekatkan dengan api maksudnya adalah mendekatkan sisi luar kain di dekat api (lilin). Tidak sampai membuat kain hitam menggumpal/ terbakar hangus, hanya membuat benang bekas potongan kain tidak terurai.
  • Jika mendekatkan kain tepat di sisi kain, maka hasil yang di dapat sisi kain sdikit terbakar, melengkung di sisi yg di bakar saja. 
  • Jika mendekatkan sisi kain dengan sdikit ditekuk di dekat api, maka kain akan melengkung dan akan membuat bunga berdimensi.
  • Jika tidak terlalu yakin dengan kekuatan lem, maka bisa dibantu dengan sdikit jahitan. Namanya kemudian tidak menjadi Fabric Flower - No sew tapi few sew ;p 
  • Jika akan di jadikan bros, silakan ke sini untuk melihat cara membuatnya. 

No comments:

Post a Comment