Friday, November 7, 2014

Upcycle Two Tshirt become Plastic Bag Holder

Mau tidak mau harus diakui tas kresek masih menjadi bagian dalam rumah tangga keluarga Indonesia. Untuk kebutuhan rumah tangga, tas kresek bisa dijadikan pembungkus makanan sampai jadi kantong sampah. Supaya tidak makan tempat, mulai rapikan tas kresek dan percantik dengan bikin tempat tas kreseknya... :) Untuk meminimalisasi pemakaian tas kresek, silakan kunjung http://transformasihijau.blogspot.com/2012/02/tips-belanja-anti-galau.html
Kresek oh kresek
Kemeja polos dan bercorak
Kreasi bulan ini adalah upcycle dua kemeja, akan jadi apa saja.... Karena saya suka menghabiskan waktu didapur, maka kepikiran untuk membuat :
  1. Celemek
  2. Plastic Bag Holder 
  3. Coaster
  4. hmm....apa lagi ya... lihat aja nanti :p
Lengan kemeja
Untuk membuat kantong tas kresek, saya memakai bagian lengan kemeja. Potong sejajar lengan, dan bagian jahitan tapi tidak sampai ujung. Lihat gambar di atas, dan arah potongan.
Alat dan bahan
Gambar di atas untuk alat dan bahannya. Saya menganbil potongan memanjang dari kemeja kedua, untuk aplikasi garis dan pegangannya.

Jahit potongan kemeja kedua untuk dijadikan aplikasi garis, letaknya sesuai selera. Jahit juga bagian lengan kemeja yang dipotong tadi. Untuk ujungnya lipat kedalam dan jahit.
Pegangan
Untuk pegangannya, gunakan potongan kemeja kedua. Lipat dua hingga bagian jelek kain yang nampak. Jahit kemudian balikkan kain. Lihat gambar di atas. Dengan bantuan jarum pentul, tumpukkan ke badan kentong. Beri perekat (velcro) - lihat gambar di bawah
perekat
Memasukkan elastik
Bagian bawah kantong diberi elastik, untuk menahan tas kreseknya. Lihat gambar di atas untuk lebih jelasnya.
Trus... masukkan lipatan tas kresek, gantung. Kelihatan lebih rapi kan.... 


before n after
p.s. 
  • dengan dua buah kemeja, jika sama-sama legan panjang maka kita bisa mendapatkan 4 [empat] buah kantong kresek. Untuk kreasi yang saya buat, menghasilkan dua buah kantong untuk kresek. 
  • Beri hiasan bunga kain atau kancing-kancing, sesuai selera. Bisa tambahkan kantong buatan juga
  • Mulai untuk diet kresek, yuk!!! Silakan kunjungi website ini untuk memulainya : http://www.plasticbagfreeday.org/story/153




No comments:

Post a Comment