Monday, March 16, 2015

Latihan Membuat Saku Bobok

Setelah selesai kursus jahit tingkat dasar, pengen juga lanjut ke tingkat terampil. Sebelum lanjut lagi, saya berniat untuk memperlancar membuat pola, jahit atasan, dan menjajal keberanian membuatkan baju kenalan. Tentu saja saratnya bikin atasan yang sederhana dan memakai bahan (katun) yang murah. Belum berani juga saya membuat baju untuk orang lain dengan bahan yang mahal. :) 

Salah satu teman memberikan bahan kain batiknya. Dan dia ingin membuat atasan dengan retsleting dibelakang dan saku yang tidak kelihatan. Hoala.... saya belum pernah membuat saku tersebut. Pernah denger teman satu kursus yang ingin membuat saku bobok, yaitu saku yang tidak terlihat dari luar = saku bagian dalam). 
Al hasil searching lah di Google dan mendapatkan : Tutorial Membuat Saku Bobok dari Mba Helda Az-za [http://dahelmuetz.blogspot.com/2012/10/tutorial-membuat-saku-bobok.html]
Silakan langsung ke blognya, karena di sini saya tidak menampilkan tutorial yang lengkap... Dan untuk percobaannya adalah atasan semi blazer yang saya buat saat kursus dasar. 
Ukur posisi saku yang diinginkan
 Karena memakai atasan yang sudah jadi, maka mengukur posisi sakunya mesti extra hati-hati. Iya lah, kan ngga mau bikin saku yang miring hehehe....
Kain Lidah Saku : 7 cm x 14 cm (sebelumnya buat kotak ukuran 2cm x 11 cm dengan pensil jahit)
Kain Pelapis Belakang : 14 cm x 33cm (nantinya tinggal di lipat saja hingga ukuran panjang saku menjadi skitar 15cm x 12 cm)
Setelah pas posisinya, jahit
Kemudian tumpuk kain berturut2 seperti  : Lidah saku (bagian kain yang jelek); Baju atasan (bagian kain baik); Kain kantong (pelapis belakang) (dengan bagian kain yang buruk didepan). Letakkan posisi yang sama bagian sisi kiri kanan dan atas.
Hasil jahitan
 Hasil jahitan bisa dilihat gambar di atas. Kemudian dari kotak tersebut bagi dua dan beri tanda (seperti gambar di bawah). Gunting mengikuti garis kuning (bisa juga memakai pendedel benang). Karena ini masih coba-coba, pada saat mengguntingnya ragu juga...  Dan ternyata tidak salah potong... :)
Kasi tanda seperti gambar di atas dan gunting
Hasil potongan
Gambar di atas adalah hasil potongannya. Kemudian kain lidah saku balikkan ke dalam. sehingga seperti gambar di bawah) 

gambar lidah saku yang sudah dibalik
untuk saku bobok yang ini saya memakai 1 lidah saku, yang hasil jadinya bisa dilihat di gambar paling bawah. Sekali lagi, silakan kunjungi langsung blog 
Tutorial Membuat Saku Bobok dari Mba Helda Az-za untuk mendapatkan tutorial yang lengkap... 

posisi belakang 
hasil jadi

3 comments: